Jalur Pendaftaran Online SMPN 1 Grogol Kediri

23 Jun 2017 01:29


Kediri (19/6)- Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online dilaksanakan di SMPN 1 Grogol Kediri berjalan lancar dan jumlah pendaftar mencapai ratusan.Jadwal Pendaftaran via online mulai 19 Juni 2017 pukul 01.00 Wib dan ditutup tanggal 21 juni 2017 pukul 23.50 Wib. 
 
Pengumuman PPDB akan dicetak 23 Juni 2017 pada pukul 06.00 Wib. Persyaratan PPDB telah disediakan pihak SMPN 1 Grogol dan sekolah asal masing-masing. Untuk urutan pendaftaran,  peserta mendaftar via online di ppdb.kedirikab.go.id atau sekolah tujuan. Kemudian mencetak dan menyerahkan bukti pendaftaran serta berkas persyaratan ke sekolah tujuan. Operator sekolah memverifikasi pendaftaran dan peserta tinggal memantau hasil pengumuman via online PPDB.
 
Sebagian orang tua ingin mendaftarkan anaknya memilih datang langsung ke SMPN 1 Grogol untuk daftar online dibandingkan mendaftar online diluar. Menurut mereka lebih praktis dan tidak perlu bolak-balik dari warnet ke sekolah.
 
Eri (34) menegaskan “Saya belum daftar online sebelumnya, langsung kesini saja. Tadi ada orang yang sudah daftar online diluar terus balik kesini lagi” (19/06).
 
Kejadian ini menyebabkan antrian cukup panjang. Untuk mengatasi antrian,  pihak SMPN 1 Grogol mengumumkan pendaftaran online bisa dilakukan diluar sekolah seperti warnet. “Siswa yang belum daftar online, tidak harus mendaftar di SMPN 1 Grogol. Boleh daftar online dimana saja, kemudian langsung diverifikasi di SMPN 1 Grogol.” ungkap Gunawan guru SMPN 1 GROGOL.
 
PPDB sistem Online ditentukan berdasarkan peringkat nilai komulatif dari empat variabel, yakni variabel A didasarkan dari rata-rata Ujian Sekolah (US) dengan pembobotan 40%, variabel B didasarkan dari rata-rata nilai rapor 3 tahun terakhir untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan bobot 30%, variabel C didasarkan poin sertifikat/piagam penghargaan/ surat keterangan berprestasi memiliki legalitas dengan ketentuan minimal mendapat juara 3 tingkat kabupaten dengan pembobotan  sebesar 20%, dan variabel D berdasarkan dari poin anak kandung guru dengan pembobotan 10%.
 
Semua variabel diatas dijumlahkan dan menjadi Nilai Akhir (NA) NA akan menentukan peserta didik diterima atau tidak di sekolah tujuan. Bagi siswa yang diterima, ditempatkan di kelas-kelas berdasarkan NA. Untuk NA tertinggi akan ditempatkan di kelas A, selanjutnya kelas B, C, D, dan seterusnya. (bidara)