Ijazah Aliyah, Bisa Kuliah

23 Jun 2017 02:00


Kota Kediri. Madrasah Islamiyyah Al-Badriyyah dinaungi Pondok Pesantren Al Ishlah didirikan oleh KH Thoha Mu’id.  Madrasah islamiyyah Al-badriyyah bertempat di Jalan KH Hasyim Asy’ari No. 1 Bandar Kidul Mojoroto Kota Kediri. 
 
Madrasah Islamiyah Al-Badriyyah memiliki tiga tingkatan pendidikan, mulai ibtida’, tsanawi, dan Aliyah. Sebelum masuk kelas Aliyah, siswa terlebih dahulu menghafal Alfiyyah dan membaca kitab kosongan. Pelajaran ditingkat Aliyah diantaranya jawahirul maknun, ilmu tafsir Al-qur’an, idhohul mubham, faraidh, abi jamroh, dan nadzmul waroqot.
 
Ijazah Aliyah dari Madrasah Islamiyyah Al-Badriyyah bisa digunakan masuk kelas akselerasi STAIN Kediri, dikarenakan kurikulum di Aliyah sudah disetarakan dengan kurikulum sekolah umum. “Madrasah Islamiyah Al Badriyyah, sudah memiliki MOU dengan STAIN Kediri perihal hal tersebut”, ungkap Muhibul Fauzi ustadz Madrasah Islamiyyah Al Badriyyah (16/06).
 
Tidak hanya Madrasah Islamiyyah Al Badriyyah, madrasah lain seperti Madrasah Riyadhul Uqul PP Al- Falah Ploso dan Madrasah Hidayatul Mubtadi’in Lirboyo, memiliki kurikulum disetarakan dengan pelajaran umum dan MOU dengan STAIN Kediri. (Yna)
 
Wartawati : ika fitriana / yana