KaKa FM

ASPEK PENDIRIAN

A.     Profil

 

KaKa FM merupakan lembaga penyiaran komunitas yang didirikan untuk menyelenggarakan kegiatan penyiaran melalui radio. Lembaga ini didirikan oleh komunitas kampus, yakni mahasiswa, dosen, dan pegawai STAIN Kediri. Lembaga ini didirikan untuk menghimpun dan mewadahi kegiatan mashasiswa yang berkaitan dengan bidang penyiaran radio, seperti pembuatan program radio, pembuatan script berita, editing audio, teknik penyiaran program acara melalui frekuensi gelombang radio, dan sebagainya.

            KaKa FM secara struktural berdiri sendiri dan bersifat independen, yang artinya tidak berada di bawah struktur organisasi lain seperti partai politik, organisasi sosial dan keagamaan, dan sebagainya. KaKa FM murni lembaga yang dijalankan oleh anggota komunitas untuk kepentingan pengembangan potensi dan kompetensi di bidang broadcast. Pengembangan kemampuan ini dipandang penting oleh mahasiswa yang tergabung dalam lembaga ini demi untuk menunjang bidang keilmuan yang mereka pelajari di kampus. Mereka bermaksud dapat mendalami ilmu-ilmu komunikasi serta teknik-teknik penyiaran yang telah dipelajarinya di bangku kuliah. Dengan adanya wahana untuk praktik secara langsung teknik-teknik penyiaran radio mereka berharap akan dapat lebih menguasai, sehingga akan dapat dijadikan sebagai bekal nanti setelah selesai kuliah mereka.

Meskipun secara kelembagaan KaKa FM bersifat independen, tetapi secara cultural memiliki hubungan erat dengan bidang akademik. Dalam arti bahwa status mahasiswa mendorong mereka untuk dekat dengan pengembangan ilmu. Oleh karenanya, program-program dan karakter kelembagaannya lebih dekat dengan program pendidikan. Sebagaimana ditetapkan dalam UU No 32 tahun 2002 tentang penyiaran, lembaga penyiaran ini mengedepankan aspek informasi, pendidikan, dan hiburan yang sehat.

Visi dan Misi

Visi radio komunitas KaKa menjadikan radio komunitas sebagai media pendidikan, informasi, dan hiburan yang mendidik berlandaskan nilai-nilai religi, intelektual, dan kemanusiaan. Visi tersebut disimbolkan dalam motto yang diusung oleh radio komunitas STAIN Kediri adalah “the spirit of campus station”.

Misinya adalah menyiarkan program-program siaran menyangkut pendidikan, informasi dan hiburan yang mendidik, serta mendorong pengembangan anggota komunitas dalam bidang jurnalistik dan penyiaran (broadcasting) yang berlandaskan pada nilai keagamaan, intelektualitas, dan kemanusiaan.

Visi dan misi tersebut dicanangkan dan diimplementasikan dalam kegiatan penyiaran di radio KaKa FM dengan berbagai ragam program siaran. Ada program siaran yang sarat dengan informasi, ada pesan-pesan edukasi, informasi budaya, informasi dan pesan-pesan keagamaan, dan sebagainya. Semuanya tidak lepas dari visi dan missi yang telah dicanangkan.

 

 

Secara singkat profil pengurus Radio Komunitas KaKa FM dapat dipaparkan sebagai berikut;

1.      Dr. Ahmad Subakir, M.Ag.

TTL                     : Blora/26 Desember 1963

Alamat               : Rejomulyo RT 003/06 Kecamatan Kota, Kota Kediri.

Pekerjaan         : Dosen STAIN Kediri

Organisasi        : Wakil Ketua Syuriah Nahdlatul Ulama Kota Kediri

2.      Dr. M. Dimyati Huda, M.Ag.

TTL                : Blitar/23 Maret 1974

Alamat             : Desa Sumberingin RT 02 RW 09 Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar.

Pekerjaan         : Dosen STAIN Kediri

Organisasi        : Wakil Ketua Syuriah Nahdlatul Ulama Kabupaten Blitar

3.      Dr. Ropingi, S. Ag., M.Pd.

TTL                 : Blitar/26 Juni 1972

Alamat             : Sumberjo RT 04, RW 02 Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar.

Pekerjaan         : Dosen STAIN Kediri

Organisasi        : Kepala Laboratorium Komunikasi STAIN Kediri.

4.      Prima Ayu Rizqi Mahanani, M.Si.

TTL                 : Kediri/14 Oktober 1980

Alamat             : Jl. Anggraini 4/8, Kelurahan Sukorame RT 08, RW 02, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

Pekerjaan         : Dosen STAIN Kediri

Organisasi        : -

5.      Siti Amanah, M.Si.

TTL                 : Bojonegoro/12 Desember 1979

Alamat             : Jatiblimbing, RT 06, RW 02, Kecamatan Dander, Bojonegoro.

Pekerjaan         : Dosen STAIN Kediri

Organisasi        : -

ASPEK PROGRAM SIARAN

Radio KaKa FM berada di kawasan kampus STAIN Kediri, Jl. Sunan Ampel no. 7 Ngronggo Kota Kediri. Radio ini berdiri karena kebutuhan mahasiswa, dosen STAIN Kediri serta masyarakat terhadap adanya media yang mampu mengakomodir dan mengkomunikasikan kebutuhan-kebutuhan mereka menyangkut tentang pendidikan, informasi dan hiburan yang sehat, serta kebutuhan terhadap adanya media untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam bidang jurnalistik dan penyiaran.

 

Untuk itu, radio Kaka FM merancang program-program acara yang akan disajikan dengan program acara berisikan pendidikan, informasi-informasi pendidikan (seperti tentang materi hukum, ekonomi, sosiologi, budaya), informasi keagamaan, informasi kemahasiswaan, serta informasi lokal seputar Kediri.

Selain menyajikan informasi-informasi yang bersifat edukatif, seperti halnya stasiun radio lain yang memberikan hiburan dalam bentuk musik, Radio KaKa FM juga memanjakan komunitasnya dengan lagu-lagu yang tentunya sudah melalui proses filtering, sesuai norma yang berlaku di komunitas.

 

A.     Pola Acara Siaran KaKa FM

1.       (Asska) Assalamu’alaikum KaKa

Program acara Assalamu’alaikum KaKa merupakan program yang memberikan informasi seputar dunia Islam, dengan sajian musik Islami.

2.      Indeks (Informasi Pendidikan)

Program acara Indeks merupakan program yang memberikan informasi mengenai dunia pendidikan, dengan sajian lagu-lagu pop Indonesia.

3.      Dubay (Dunia Budaya)

Program acara Dubay merupakan program yang memberikan informasi seputar budaya di seluruh dunia, dengan menyajikan lagu India.

4.      Go Young Friend

Program acara Go Young Friend merupakan program yang memberikan informasi seputar tips kesehatan, lifestyle, teknologi, dengan menyajikan lagu-lagu dangdut.

5.      Mosi-Mosi (Motivator Inspirasi)

 Program acara Mosi-Mosi merupakan program yang memberikan informasi dengan menyajikan tokoh-tokoh yang menginspirasi, baik tokoh dunia maupun tokoh Indonesia, dengan menyajikan lagu Asia.

6.      Nonstop Music

Program acara Nonstop Music merupakan perbincangan santai yang membahas trending topic atau informasi terupdate, dengan menyajikan lagu pop mancanegara.