KaKa TV

LATAR BELAKANG

KaKa TV merupakan lembaga penyiaran komunitas yang didirikan untuk menyelenggarakan kegiatan penyiaran melalui Televisi. Lembaga ini didirikan oleh komunitas kampus, yakni mahasiswa, dosen, dan pegawai STAIN Kediri. Lembaga ini didirikan untuk menghimpun dan mewadahi kegiatan mashasiswa yang berkaitan dengan bidang penyiaran televisi, seperti shooting, pembuatan program televisi, penyutradaraan, editing video, pembuatan skrip, teknik reportase, teknik penyiaran program acara melalui frekuensi gelombang radio, dan sebagainya.

 

 

            KaKa TV secara struktural berdiri sendiri dan bersifat independen, yang artinya tidak berada di bawah struktur organisasi lain seperti partai politik, organisasi sosial dan keagamaan, dan sebagainya. KaKa TV murni lembaga yang dijalankan oleh mahasiswa untuk kepentingan pengembangan potensi dan kompetensi di bidang broadcast. Pengembangan kemampuan ini dipandang penting oleh mahasiswa yang tergabung dalam lembaga ini demi untuk menunjang bidang keilmuan yang mereka pelajari di kampus. Mereka bermaksud dapat mendalami ilmu-ilmu komunikasi serta teknik-teknik penyiaran yang telah dipelajarinya di bangku kuliah. Dengan adanya wahana untuk praktik secara langsung teknik-teknik penyiaran televisi mereka berharap akan dapat lebih menguasai, sehingga akan dapat dijadikan sebagai bekal nanti setelah selesai kuliah mereka.

Meskipun secara kelembagaan KaKa TV bersifat independen, tetapi secara cultural memiliki hubungan erat dengan bidang akademik. Dalam arti bahwa status mahasiswa mendorong mereka untuk dekat dengan pengembangan ilmu. Oleh karenanya, program-program dan karakter kelembagaannya lebih dekat dengan program pendidikan. Sebagaimana ditetapkan dalam UU No 32 tahun 2002 tentang penyiaran, lembaga penyiaran ini mengedepankan aspek informasi, pendidikan, dan hiburan yang sehat.

Visi dan Misi

Visi Televisi komunitas KaKa menjadikan televisi komunitas sebagai media pendidikan, informasi, dan hiburan yang mendidik berlandaskan nilai-nilai religi, intelektual, dan kemanusiaan.Visi tersebut disimbolkan dalam motto yang diusung oleh Televisi komunitas STAIN Kediri adalah “Kaka TV Memberi Arti”.

 

 

 

Adapun misinya adalah menyiarkan program-program siaran menyangkut pendidikan, informasi dan hiburan yang mendidik, serta mendorong pengembangan anggota komunitas dalam bidang jurnalistik dan penyiaran (broadcasting) yang berlandaskan pada nilai keagamaan, intelektualitas, dan kemanusiaan.

Visi dan misi tersebut dicanangkan dan diimplementasikan dalam kegiatan penyiaran di Televisi KaKa dengan berbagai ragam program siaran. Ada program siaran yang sarat dengan informasi, ada pesan-pesan edukasi, informasi budaya, informasi dan pesan-pesan keagamaan, dan sebagainya. Semuanya tidak lepas dari visi dan missi yang telah dicanangkan.

ASPEK PROGRAM SIARAN

Televisi KaKa berada di kawasan kampus STAIN Kediri, Jl. Sunan Ampel no. 7 Ngrongo Kota Kediri.Televisi ini berdiri karena kebutuhan mahasiswa dan dosen STAIN Kediri terhadap adanya media yang mampu mengakomodir dan mengkomunikasikan kebutuhan-kebutuhan mereka menyangkut tentang pendidikan, informasi dan hiburan yang sehat, serta kebutuhan terhadap adanya media untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam bidang jurnalistik dan penyiaran.

Untuk itu, Televisi Kaka merancang program-program acara yang akan disajikan dengan program acara berisikan pendidikan, informasi-informasi pendidikan (seperti tentang materi hukum, ekonomi, sosiologi, budaya), informasi keagamaan, informasi kemahasiswaan, serta informasi lokal diseputar Kediri.

Program–program tayangan di KaKaTV merupakan program yang wajib dijalankan dan diproduksi oleh crew KaKaTV. Dalam proses produksi ada tahapan–tahapan yang harus dilakukan oleh crew KAKA TV, mulai dari tahap pra produksi, tahap produksi, tahap sampai pada tahap pasca produksi.

 

Program Acara KaKa TV

1.      Mimbar Akademik

Program acara Mimbar Akademik merupakan tayangan yang bersifat talkshow bersama narasumber-narasumber yang berkompeten dalam bidang-bidang pendidikan dan keilmuan.

2.      Tausiyah

Program acara Tausiyah merupakan tayangan yang bersifat talkshow bersama ustad-ustadzah yang menyajikan siraman rohani dalam mempertebal iman kepada Allah

3.      Galeri Kampus

Program Acara Galeri Kampus adalah program acara yang menyajikan liputan akademik, meliputi acara seminar, workshop, kuliah tamu, bedah buku dan kegiatan-kegiatan yang berada di Perguruan Tinggi

4.      Kelana Pontren

Program Kelana Pontren adalah program acara yang menampilkan liputan di pondok pesantren yang ada di Kediri dan sekitarnya.

5.      DELIMA (Deretan Lagu Masa Kini)

Program acara DELIMA merupakan program acara yang menyajikan hiburan music sekaligus memberikan informasi yang menarik bagi kaum muda.

6.      ORMAS (Obrolan Mahasiswa)

Program acara ORMAS merupakan program acara yang bersifat talkshow yang menyajikan diskusi mahasiswa dengan tema seputar kegiatan mahasiswa dan informasi yang terupdate

7.      KoHu (Komunikasi Huangat)

Program acara KoHu merupakan program acara yang bersifat talkshow yang dikemas menarik dan santai bersama komunitas-komunitas muda di Kediri dan sekitarnya, yang membahas tentang dunia pendidikan, social, ekonomi,dan kejadian terupdate.

8.      SAJADAH

Program acara yang menyajikan siraman rohani dalam bentuk pengajian yang ada di Kediri dan sekitarnya.

9.      SANLAT (Pesantren Kliat)

Program acara yang membahas tentang kegiatan pondok Ramadhan di sekolah yang ada di Kediri

10.  KaKa Pekan Ini

Program acara berita yang menggambarkan peristiwa-peristiwa yang ada di lingkungan Perguruan Tinggi da Kediri dan sekitarnya dalam sepekan.

11.  KOPRAL’S (Komedi Peradilan Semu)

Program Acara yang menyajikan proses peradilan terhadap kasus-kasus nyata yang dikemas secara parodi.

12.  KaKa Cinema

Program acara yang menayangkan film-film nasional karya anak bangsa yang bertemakan religi dan edukatif.