Sejarah Pendirian KaKa Media


 

Kalam Kampus Media (KaKa Media) adalah lembaga yang didirikan dengan maksud untuk mewadahi kegiatan mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam STAIN Kediri dalam kegiatan jurnalistik dan penyiaran. Dalam kerangka itu KaKa Media merancang dan menjalankan kegiatan jurnalistik dan penyiaran, serta program-program lain yang mengarah pada peningkatan dan pengembangan pengetahuan, penyampaian informasi, pengolahan, dan pemanfaatannya demi mewujudkan masyarakat yang berwawasan, berpengetahuan, berkeadaban dalam bingkai masyarakat yang beragam, solider, partisipatif, edukatif, etik dan religi .

Lembaga ini didirikan dengan asas keislaman, kekeluargaan, keberagaman, kemitraan, kebebasan, keadilan dan tanggung jawab. Lembaga ini bersifa independen terbuka.

Tujuan dari pendirian lembaga ini adalah untuk mengembangkan kehidupan sivitas akademik dan masyarakat di sekitarnya berlandaskan nilai-nilai luhur keislaman, pengetahuan, budaya, dan norma sosial luhur yang berlaku.

Fungsi dari lembaga ini adalah:

1.      Sebagai media informasi bagi anggota komunitasnya.

2.      Sebagai penyelenggara kegiatan jurnalistik dan penyiaran yang dilaksanakan oleh, dari dan untuk anggotanya.

3.      Mengembangkan kegiatan-kegiatan keislaman, keilmuan, dan kebudayaan.

4.      Menjadi sarana representasi dan rekonstruksi sosial bagi sivitas akademik Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri dan warga masyarakat di sekitarnya.

 

Lembaga ini didirikan berdasarkan hasil rapat tim pendiri pada hari Selasa Tanggal 01 Maret 2011 telah dilaksanakan rapat di Ruang Sidang Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri dan disepakati hal-hal sebagai berikut;

1.      Pendirian paguyuban dengan nama Kalam Kampus Media, disingkat dengan KaKa Media.

2.      Paguyuban ini membawahi dua lembaga, yakni Radio dengan nama KaKa FM dan televisi dengan nama KaKa TV. Nomor akta pendirian KaKa FM  adalah 281 tertanggal 26 Nopemer 2011 dan nomor pendaftaran di Pengadilan Negeri Kediri 180/BH/2011/PN.KDR. Dan Nomor akta pendirian KaKa TV  adalah 224 tertanggal 22 September 2014 dan nomor pendaftaran di Pengadilan Negeri Kediri 120/HK/2014/PN.KDR

3.      Kedua lembaga tersebut merupakan media komunitas yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan civitas akademik STAIN Kediri.

 

Adapun tim pendiri lembaga ini adalah

1.      Dr. H. Ahmad Subakir, M.Ag.

2.      Ropingi, M.Pd.

3.      Prilani, M.Si.

4.      Drs. H. Mundir Thohir, M.Ag.

5.      Dr. M. Dimyati Huda, M.Ag.

6.      Taufiq Alamin, M.Si.

7.      Prima Ayu Rizqi Mahanani, M.Si

Hasil rapat ini kemudian diurus akta pendiriannya di depan notaris Paulus Bingadiputra, S.H oleh Saudara Ropingi M.Pd. Nomor akta pendirian lembaga ini adalah 33 tertanggal 08 Oktober 2011 dan nomor pendaftaran di Pengadilan Negeri Kediri 167/BH/2011/PN.KDR.